Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus


Bagaimana Agar Komputer Tidak Terkena Virus ? Tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus, dalam memakai komputer anda harus berhati - hati terhadap virus, lagipula virus yang dapat melumpuhkan semua kegiatan komputer tersebut. Kali ini saya bakal memberikan sejumlah tips supaya tidak terpapar virus, tips - tips yang bakal saya bagikan ini mayoritas sudah pernah saya lakukan di komputer saya dan 100% terbukti berhasil.

Sangat benar kata pepatah dulu, menangkal lebih baik daripada mengobati. Terkena virus, wow BeTe, Mau marah namun marah pada siapa hehe, makanya hati2 yah hehe, inilah tips2 amannya

Perkembangan teknologi memang lah paling pesat, demikian pula dengan virus, semakin tidak sedikit program - program atau softwere - softwere yang dibikin oleh para berpengalaman program, maka semakin tidak sedikit pula virus yang menyebar. Terkadang dengan mengunakan anti virus saja anda tidak dapat mencegah supaya komputer anda tidak terkena virus, Apa lagi bila anti virus nya gratisan.

Bicara mengenai virus, saya pernah menyimak sebuah tulisan yang berkata tentang virus, kata tulisan tersebut ternyata virus tidak saja dibuat oleh semua penjahat program saja melaikan virus diciptakan oleh semua penjual anti virus juga. Setelah saya fikir - fikir terdapat benernya juga tulisan tersebut, bila virus semakin tidak sedikit yang tersebar, otomatis semakin tidak sedikit orang yang melakukan pembelian anti virus yang mereka jual. Tetapi tidak semua penjaja anti virus mengerjakan hal yang sama ya.

Beberapa tips supaya komputer tidak terpapar virus : 

1. Tips yang kesatu yakni Jangan mengunduh sembarangan.

Apa juga file yang kamu download misal nya: app, mp3, image, vidio, dan file lainnya tidak boleh lah kamu sembarang mendownload, lihat terlebih dahulu penyedia lokasi download anda. Sekarang tidak sedikit sekali penyedia lokasi download yang apa bila kita mengharapkan file mereka anda di mestikan mengistal program dari mereka. Jujur saya pernah merasakan nya, dan al'hasil komputer saya jadi lemot dan susah untuk di oprasikan (terkena virus).

2. Hati - hati terhadap flashdisk, memory dan sejenis nya.

Untuk urusan yang satu ini saya belum pernah mengalaminya. Tapi rekan saya telah pernah sejumlah kali terpapar hal yang semacam ini. Karna temen saya tersebut penjaga konter, jadi otomatis flaashdisk, memory dan sejenis nya bayak yang terbit masuk ke komputer beliau. Penyebabnya sederhana, karna flashdisk tersebut telah terkena virus jadi komputer kita dapat dengan gampang dirayapi oleh virus yang terdapat di flashdisk tersebut, otomatis komputer kita pun jadi terpapar virus. Biasanya virus yang terdapat di flashdisk ini mempunyai nama autorun. Virus ini tidak dapat di deteksi oleh anti virus yang gratisan, sekalipun terdeteksi dan kita berjuang menghapusnya, virus itu tidak dapat hilang, kecuali kamu pintar mengunakan regedit pada sistem oprasi anda.

3. Gunakan Deep Freeze.

Ini ialah salah satu rahsia saya untuk menangkal virus masuk ke komputer saya. Deep Freeze ini bayak fungsinya, misal nya bila kita mengerjakan sebuah kekeliruan terhadap komputer anda dan dominan buruk pada komputer kita, program Deep Freeze ini dapat dengan gampang menghilangkan kesalahan tersebut semua dengan satu kali restart. Program ini biasanya tidak sedikit digunakan pada warnet - warnet, supaya komputer mereka Terhindar dari kehancuran sistem oprasi. Tapi terdapat satu yang tidak saya suka dari program ini, yakni bila anda menginstal program ini anda tidak dapat menyimpan file apapun di hardisk yang telah kita set. misalnya kamu men-set program ini di hardisk C saja. Berati kamu tidak dapat menyimpan file apapun di folder C hardisk anda, melaikan kita dapat menyimpen file anda di folder D. Kalau kamu menyimpan file di folder C otomatis setelah kamu mematikan komputer, file kamu akan hilang di folder tersebut. Bila kamu menginginkan program ini kamu bisa cari di google dengan kata kunci download Deep Freeze.

4. Gunakan anti virus.

Kalau kamu sudah menginstal program deep freeze, anti virus tidaklah jadi urusan penting, namun untuk mengawal - jaga usahakan kamu instal anti virus, yang gratisan pun gak masalah asalkan kamu sudah mengistal program yang saya sebutkan tadi di atas. Tapi lain kisah bila kamu tidak mengistal program tersebut, Pengunaan anti virus jadi urusan yang sangat urgen bila kamu tidak menginstal program tersebut.

3. Jangan Asal menjalankan atau meng-Klik sebuah file

wow..sekarang tidak sedikit sekali virus yang memakai icon dari icon2 yang terdapat di windows, laksana icon MS Word, icon folder, icon recyclebin, gambar2 sexy dll lah pokoke yang terdapat di windows gitu deh, jadi anda harus berhati2 yah lagipula dengan File2 yang berekstensi .EXE, .VBS, .COM, .SCR, .BAT.

5. Munculkan Ekstensi Dari file2 kamu

Nah yang ini biar anda tidak terpedaya oleh virus2 tersebut yah, jadi kamu dapat tahu file2 yang akan anda klik, virus atau bukan, misalnya nih, virus lokal tidak sedikit yang menjadikan icon folder tersebut untuk menipu korbannya, sampai-sampai menjadi icon folder trus terdapat ekstensinya yakni .exe, nah klo ekstensi file tidak anda munculkan dapat jadi anda akan tertipu, yang awalnya mau membuka folder anda eh malahan jadi menjalankan file virus, nah caranya ialah :

pergi ke tools –> folder Option –>View

lalu cari—> Hide extensions for known file types, nah pada checkbox nya mesti tidak dicentang yah, klo telah silahkan di apply.

6. Hindari Auto Run ketika Menancapkan flashdisk

Nah kini virus2 sudah tidak sedikit pula yang langsung berlangsung saat anda menancapkan flashdisk pada komputer kamu, agar tidak terjadi auto run tersebut coba deh sebelum menancapkan flashdisk anda ke komputer, anda tekan dulu tombol Shift pada keyboard kamu, tekan agak lama, kemudian tancapkan flshdisknya dengan anda tetap mengurangi tombol Shift nya yah, andai tidak terdapat reaksi berarti flshdisk telah tidak autorun alias tidak berlangsung secara otomatis, tidak boleh lupa yah selalu pakai tombol Shift setiap anda mau menancapkan flashdisk kamu. eeittt..jangan tak sempat tetap mesti di Scan dulu yah pake antivirus anda sebelum dipakai flashdisk nya……

7. Selalu Backup data2 urgen Kamu

Nah Tips ini walopun tidak secara langsung mengamankan data kamu, sangat tidak anda kan masih terdapat backup datanya hehe

Nah tersebut lah tadi sejumlah tips dari saya, sebenernya masih tidak sedikit tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus yang hendak saya bagikan, namun karena tulisan ini telah lebih dari 500 kata, jadi saya simpan dulu ya tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus nya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel