Kawah Sileri Meletus, Ini Pilihan Wisata Dieng yang Aman Dikunjungi


Salah satu kawah besar di Dieng,Wonosobo Jawa Tengah memang baru meletus. Namun, wisatawan masih aman berangjangsana ke sekian banyak destinasi beda di Dataran Tinggi Dieng.

"Yang kami batasi melulu Kawah Sileri, sejauh 100 meter. Sedangkan destinasi lain laksana Kawah Sikidang tetap berlangsung normal," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Surip, Senin (3/7/2017).

Di samping alamnya familiar memukau, laksana pegunungan-pegunungan yang indah, kawah-kawah maupun telaga-telaga estetis terhampar luas di Dieng Plateu.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sendiri mempunyai belasan titik tujuan eksotis. Mulai dari gugusan candi hindu-hindu tua di Jawa, sejumlah komplek bangunan candi, gugusan kawah, desa adat, sampai Dieng Plateu Theater.

Berikut sejumlah destinasi unggulan Dieng yang aman guna dikunjungi pasca letusan Kawah Sileri.

1. Telaga Warna

Telaga warna adalah salah satu tujuan utama di Dieng. Letaknya lumayan jauh yakni 4,9 kilometer dari letusan Kawah Sileri, sedang di sebelah barat laut danau ini.

Telaga Warna di Dieng Plateau ini terletak pada elevasi 2.000 mdpl, di mana pemandangan di lokasi ini paling indah.

Telaga Warna Dieng memiliki keanehan tersendiri sebab warna air di sini tidak jarang berubah-ubah, kadang berwarna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung. Pengaruh kandungan sulfur membuatnya tidak jarang berubah warna, dan jadi pesona tersendiri untuk wisatawan.

2. Bukit Sikunir

Salah satu bukit terindah di Dieng Plateu ini sedang di desa Sembungan, lokasinya pun jauh dari letupan Kawah Sileri.

Bukit Sikunir ini familiar dengan panorama sunrise-nya. Waktu terbaik untuk Anda berangjangsana ialah pada bulan Juli-Agustus di mana pada bulan tersebut adalahmusim kemarau, sampai-sampai langit akan terlihat bersih dan tidak terdapat hujan.


3. Telaga Penggilon

Telaga Pengilon terletak berdampingan dengan Telaga Warna. Meski begitu, uniknya kedua airnya tidak bercampur dan memiliki ciri khas sendiri.

Air di Telaga Penggilon ingin lebih bening dan tidak berganti warna. Pemandangan perbukitan yang asri nan hijau di sekitarnya tidak jarang kali menggoda mata dan lensa kamera wisatawan.

4. Kawah Sikidang

Meski sama-sama kawah dan bersumber dari gunung api yang sama, namun kawah ini dalam situasi aman. Kawah Sikidang memiliki karakteristik mengeluarkan letupan-letupan kecil yang berpindah-pindah laksana lompatan kijang.

Untuk menikmatinya, wisatawan butuh disiplin dengan tidak melalui garis batas yang ditentukan. Karena letupan kawah itu berisi belerang yang amat tinggi.


5. Kompleks Candi Arjuna

Ini dia, di antara warisan kebiasaan terbaik di Dieang Plateu, di bina pada mula abad IX Masehi. Kompleks candi ini bak gugusan "candi di atas awan", sampai-sampai sangat unik untuk spot foto.

Kompleks Candi Arjuna berisikan tidak sedikit candi di samping yang utama, Candi Arjuna. Di antaranya Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra.

6. Dieng Plateu Theater

Dieng Plateau Theater adalah sebuah bangunan yang lumayan megah di Kawasan Dieng di mana lokasi ini dijadikan sebagai lokasi penayangan film dokumenter mengenai Dieng Plateau.

Dieng Plateau Theater mempunyai kapasitas 60 lokasi duduk. Film dokumenter yang ditayangkan ialah berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateau dengan durasi 20 menit.

Jadi kita tak butuh sungkan guna mengujungi dataran tinggi yang dijuluki "Negeri Atas Awan" tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Kawah Sileri Meletus, Ini Pilihan Wisata Dieng yang Aman Dikunjungi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel