Tetap Bahagia meski Jomblo


Bila Kamu gundah sebab menunggu pasangan, maka hilangkanlah kegalauan itu. Menjadi single juga dapat bahagia asal tahu caranya.

Psikolog klinik Jennifer Taitz mencatat sebuah kitab untuk semua kliennya yang hendak mengobati patah hati sebab single alias tak mempunyai pasangan.

Dalam bukunya, "How To Be Single and Happy: Science-Based Strategies for Keeping Your Sanity While Looking dor a Soul Mate", Taitz mengucapkan hal-hal berbasiskan data yang menolong pembaca menemukan kencan, seraya mengingatkan diri mereka bahwa mempunyai hubungan tidak laksana apa yang mereka bayangkan.

Taitz berbagi tiga tips untuk para jomblo yang tidak bahagia sebagai berikut:

1. Jangan menantikan datangnya pasangan

Orang tidak jarang mempunyai rencana besar guna hidup mereka andai nanti mempunyai pasangan. Tapi seraya menunggu, mereka tidak mengerjakan apa-apa sehingga malah makin galau.

"Mereka benar-benar kosong, menantikan seseorang guna datang dan mengisi," kata Taitz.

Agar tidak berlarut-larut, usahakanlah tanya pada diri sendiri laksana apa hidup bakal berubah ketika mempunyai pasangan, dan usahakanlah menjalani kehidupan seperti bayang-bayang itu sekarang.

Misalnya, terbit lebih sering, beranggapan bahwa dirimu ialah seseorang yang lengkap, atau mulai merencanakan masa depan. Inilah saatnya untuk memungut aksi.

Para terapis menyebutnya "Behavioral Activation" yaitu menolong pasien menata kembali kehidupan mereka untuk destinasi jangka panjang dan terbit dari kesedihan.

2. Belajar menyukai diri sendiri

"Sangat menyenangkan mengerjakan sesuatu yang guna seseorang yang anda cintai, dan pun menyenangkan ketika seseorang mengerjakan hal yang sama untukmu," kata Taitz.

"Namun daripada menantikan untuk merasakannya, usahakanlah melatih rasa itu dengan belajar menyukai diri sendiri."

Taitz menyarankan supaya kamu memperlakukan dirimu sebagaimana anda membayangkan menyukai orang yang bakal merawat mu.

Misalnya saat anda mengalami hari yang melelahkan, manjakanlah diri dengan santap malam yang enak, atau mengerjakan hal yang anda sukai.

Gantilah kritik untuk diri sendiri dengan rasa sayang terhadap diri sendiri. Ini bersangkutan dengan hubungan percintaan yang sehat dan akan meningkatkan kebahagiaan.

3. Cari kesibukan

Untuk berhenti mengasihani diri sendiri sebab status single, Taitz merekomendasikan guna melakukan pekerjaan yang dapat meningkatkan toleransi terhadap suasana yang menciptakan stres, yakni keterampilan untuk mendinginkan diri dan berhenti beranggapan negatif.

"Coba lah teka-teki silang atau mengerjakan olahraga intensitas tinggi. Atau mengerjakan apapun, asal tidak boleh lari ke media sosial dan menikmati kesedihan dari kedudukan singlemu," kata Taitz

Belum ada Komentar untuk "Tetap Bahagia meski Jomblo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel