5 Jenis Imunisasi yang Harus Diberikan kepada Sang Anak

5-Jenis-Imunisasi-yang-Harus-Diberikan-kepada-Sang-Anak

Imunisasi adalah salah satu kebutuhan yang terpenting bagi seorang anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Pemberian sistem imun sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai virus penyakit yang bisa menyerang anak. Menyuntikkan virus bertujuan sebagai antibodi apabila virus sejenis menyerang maka tubuh akan mampu melawan. 

Pada dasarnya, seorang bayi sudah dibekali kekebalan pasif pada saat didalam kandungan ibunya namun hal tersebut hanya bertahan selama beberapa minggu atau beberapa bulan saja. Setelahnya, anak akan rentan terhadap terhadap berbagai virus penyakit. Disinilah pemberian vaksin memiliki peran penting sebagai antibodi atau sistem kekebalan tubuh. 

Jenis Vaksin yang Harus Diberikan Untuk Imunisasi Pada Anak 

1. Vaksin MMR 

Vaksin ini diberikan dengan tujuan untuk mencegah penyakit campak, gondongan dan rubela. Walaupun anak pernah terkena pemyakit tersebut, namun anak tetap harus tetap mendapat vaksin MMR agar tidak terkena penyakit tersebut lagi dan untuk mencegah penularannya. Vaksin ini diberikan pada usia 12-18 bulan. 

2. Vaksin Tifoid 

Vaksin Tifoid memiliki manfaat untuk mencegah munculnya infeksi bakteri Salmonella Thypii. Bakteri ini yang menjadi penyebab munculnya penyakit tifus. Walaupun demikian, pemberian vaksin ini harus diberikan setiap 3 tahun sekali sebagai proses pencegahan. Vaksin ini bisa diberikan bagi anak yang sudah berusia 24 bulan. Namun, untuk mencegah penyakit tifus harus diimbangi dengan konsumsi makanan sehat dan sanitasi yang bersih. 

3. Vaksin Varicella

Vaksin yang satu ini menjadi vaksin yang perlu diberikan secara rutin untuk mencegah cacar air. Sebagai orang tua, Anda perlu mengetahui jika vaksin ini perlu diberikan sebanyak 2 kali. Pertama yaitu pada anak dengan usia 12-15 bulan. Yang kedua, pada usia 4-6 tahun sebelum masuk sekolah dasar. Namun vaksin cacar ini juga dapat diberikan pada usia dewasa apabila belum pernah terkena penyakit cacar air sebagai upaya pencegahan dini. 

4. Vaksin Influenza 

Vaksin ini diberikan idealnya pada saat anak berumur 6 bulan. Pemberian vaksin ini untuk mencegah penyakit flu menyerang anak. Vaksin juga dapat diberikan kapan saja tidak ada jadwal tertentu dalam pemberiannya. Untuk pemberian vaksin Influenza bisa diberikan secara berulang setiap tahunnya. 

5. Vaksin Hepatitis A 

Pemberian vaksin ini biasanya dilakukan sedini mungkin idealnya saat anak sudah menginjak usia 2 tahun. Pemberian vaksin ini memiliki fungsi untuk mencegah munculnya penyakit hepatitis A. Infeksi virus ini biasanya akan menyebar dengan media melalui makanan atau feses penderita penyakit hepatitis A. Vaksin ini bisa mulai bekerja setelah 15 hari setelah diberikan dengan cara suntik dan akan bertahan 15-20 tahun. 

Efek Samping Pemberian Vaksin 

Pemberian imunisasi bukan berarti tanpa efek samping. Setelah pemberian vaksin biasanya anak-anak akan mendapat beberapa gejala seperti demam, bengkak di daerah yang disuntikkan dan membuat anak akan lebih rewel. Namun orang tua tidak perlu khawatir ataupun cemas sebab itu gejala wajar yang akan dialami anak setelah pemeberian vaksin. Namun gejala ini biasanya hanya akan terjadi sekitar 3-4 hari. 

Manfaat Memberikan Vaksin 

Memberikan imunisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan anak. Oleh karena itu, memberikan vaksin tentunya memiliki segudang manfaat yang tak boleh dipandang sebelah mata. Pertama, dengan memberikan vaksin menjadi cara yang paling cepat, aman dan efektif untuk mencegah penularan penyakit pada anak. Kedua, anak akan terlindungi dari berbagai ancaman virus penyakit yang mudah menyerang. Ketiga, Mencegah terjadinya gejala yang parah saat anak terkena penyakit. 

Pemberian imunisasi memang tidak menjadi jaminan anak kebal terhadap penyakit namun pemberian vaksin bisa meminimalkan gejala penyakit menjadi parah. Karena itu pemberian vaksin bukan hanya sangat penting tapi juga merupakan kebutuhan bagi anak.

Belum ada Komentar untuk "5 Jenis Imunisasi yang Harus Diberikan kepada Sang Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel