5 Tips Awal Membuat Desain Kartu Nama Menjadi Menarik dan Kekinian

5-Tips-Awal-Membuat-Desain-Kartu-Nama-Menjadi-Menarik-dan-Kekinian

Perkembangan dunia yang semakin maju menjadikan kepentingan orang perorangan juga beragam, khususnya terkait dengan profesi atau pekerjaan. Karena berbagai hal, orang lebih senang menggunakan kartu nama untuk sekedar berbagi informasi pada sesama rekannya. Sehingga tidak heran jika banyak desain kartu nama dengan tampilan yang unik dan menarik diminati orang kebanyakan. 

Didukung dengan teknologi desain dan grafis yang semakin berkembang, dewasa ini tentu banyak pilihan untuk menghasilkan kartu nama yang berkelas. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang tentunya perlu diperhatikan agar nantinya bisa memiliki kartu nama yang menjadi andalan dengan desain yang menarik. 

Membuat Kartu Nama yang Menarik 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait desain kartu nama tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Sesuaikan dengan kepentingan 

Meskipun terdengar sederhana, namun inilah yang perlu diperhatikan pertama kali ketika akan membuat kartu nama. Sebaiknya diperhatikan apakah kartu nama yang akan kita buat difungsikan untuk kepentingan pekerjaan atau bisnis ataukah untuk sekadar memuat informasi pribadi sebagai tanda pengenal. 

Hal ini karena kedepannya agar tidak terlihat seperti asal-asalan dan bisa dilihat secara patut akan fungsi dari kartu nama tersebut. Sehingga untuk kartu nama yang akan digunakan sebagai kepentingan pekerjaan nantinya bisa diberikan sentuhan formal namun tetap pula memperhatikan segi estetisnya. 

Sedangkan untuk kartu nama untuk pribadi bisa saja kita memilih desain informal apapun sesuai selera dengan tetap pula memperhatikan etika dan estetika yang terpadu. 

2. Data penting 

Setelah menentukan fungsi dari kartu nama tersebut, data-data yang berisi informasi yang akan dicantumkan pada kartu nama juga harus diperhatikan. Adapun informasi yang perlu dimuat dalam kartu nama tersebut diantaranya adalah nama lengkap, profesi/jabatan, alamat, kontak yang bisa dihubungi, e-mail, dan data perusahaan apabila kartu nama tersebut untuk kepentingan bisnis. 

3. Ukuran pada kartu nama 

Meskipun sepertinya terlihat sederhana, namun ukuran kartu nama juga perlu menjadi bagian penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena ukuran tersebut juga mempengaruhi akan daya tarik dari kartu nama tersebut. Standarnya, di Indonesia biasanya kartu nama tersebut berukuran 90 mm×55 mm atau aspek rasio sekitar 1,636. 

Sehingga hal ini tidak bisa seenaknya sendiri dalam menentukan ukuran kartu tersebut. Bayangkan saja misalkan kartu nama yang terlalu besar pun akan memakan tempat dan mudah rusak jika dimasukkan dalam dompet. 

Untuk itulah menjaga agar kondisi dan tampilan tetap rapi maka sebaiknya memang sangat disarankan untuk menggunakan ukuran standar pada umumnya yang digunakan orang kebanyakan di Indonesia. 

4. Template dan desain 

Inilah bagian yang bisa dikatakan sangat penting yang akan menjadi pertimbangan ketika akan membuat kartu nama. 

Bagaimana tidak, orang tentunya akan terkesan ketika pertama kali menerima kartu nama dengan desain yang elegan dan berkelas yang tentunya juga tidak mengurangi fungsi ergonomi dari benda tersebut. Sehingga jangan sampai desain tersebut terlalu berlebihan dan menghilangkan fungsinya tersebut. 

Dengan desain yang menarik, orang akan lebih senang untuk membaca dan memperhatikannya secara detail setiap deretan informasi yang tercetak di dalamnya. 

5. Bahan yang berkualitas 

Meskipun desain atau template berkelas sekalipun, akan tetapi jika tidak memperhatikan bahan yang akan digunakan hasilnya pun akan sama saja. Sehingga pemilihan kertas dan tinta cetak yang bagus juga mempengaruhi dari desain yang sudah dibuat. 

Untuk itu, kertas dan tinta yang digunakan memang benar-benar berkualitas agar kartu nama juga tidak mudah rusak, khususnya disebabkan oleh hal-hal yang ringan. 

Demikianlah beberapa tips awal yang perlu diperhatikan sebelum membuat desain kartu nama yang unik agar kartu nama yang dihasilkan juga elegan dan menarik. Dengan begitu akan menjadikan orang tertarik untuk memperhatikan informasi detail yang tercetak di kertas kartu tersebut. 

Belum ada Komentar untuk "5 Tips Awal Membuat Desain Kartu Nama Menjadi Menarik dan Kekinian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel