Kelemahan dan Kekurangan Mobil Sudah Headlamp LED



Lampu type LED mulai favorite dipakai pada headlamp mobil, bahkan juga sampai ke sepeda motor. Meskipun memang, ada banyak mode mobil yang masih memakai lampu halogen (bohlam). 

Bambang Supriyadi, Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan kelebihan dari lampu LED, yang sekarang ini juga diadopsi oleh Daihatsu Xenia. 

Dibandingkan dengan lampu bohlam, LED miliki pencahayaan lebih baik dalam situasi malam yang jelas. Ini pasti akan tingkatkan visibilitas dari pengemudi mobil, saat berkendara. 

Lalu, keuntungan yang lain dari penggnaan lampu sejenis LED ialah cuma perlu dikit suplai tenaga listrik. Hingga tidak buat aki kendaraan jadi terbebani. 

Menjadi penambahan, mencuplik dari Autoevolution, keuntungan yang lain ukurannya tidak besar, hingga sangat mungkin terdapatnya modifikasi dengan bentuk yang berbagai macam. 

Point minusnya 

Walau demikian, Bambang tidak mengingkari pun jika LED, nyatanya pun mempunyai point minus. Sama dengan waktu situasi malam yang berkabut atau tidak cerah, visibilitas pengemudi dapat hanya terbatas. 

“Kalau mobil gunakan lampu LED saja, itu konteksnya tidak beresiko ya, tetapi hanya terbatas jarak pandangnya. Misalnya gunakan lampu halogen kuning dapat 200-300 mtr., putih (LED) cuma 100 mtr.,” kata Bambang. 

Sebab kekurangan itu, Bambang mengatakan, umumnya pabrikan ikut menyisipkan lampu berwarna kuning, atau biasa dimaksud foglamp. Pada Xenia, tempatnya berada di sisi bawah headlamp. 

"Kuning itu dalam situasi kabut semakin bagus. Itu mengapa foglamp-nya warna kuning. Apalagi pemakai kendaran jarang sekali ke lokasi pegunungan sangat sebulan sekali lah. Jadi jika pegunungan yang berkabut itu lebih foglamp yang warna kuning,” katanya.

Belum ada Komentar untuk "Kelemahan dan Kekurangan Mobil Sudah Headlamp LED"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel