Terobosan Baru Alat Kontrasepsi Gel untuk Pria


Wanita dapat pilih minum pil KB, suntik KB, menempatkan IUD, kondom wanita, melakukan tubektomi, atau menggunakan gel spermisida untuk menahan kehamilan. Banyak sekali pilihan, bila dibanding dengan pria yang cuma dapat memakai kondom atau melakukan mekanisme vasektomi. 

Tetapi, belakangan ini National Institute of Child Health and Human Development (NICHD) meningkatkan alat kontrasepsi baru untuk pria, yakni gel kontrasepsi. Cara yang juga dikenal dengan NEST ini memiliki kandungan progestin sintesis yang dimaksud segesteron asetat (nestorone), testosteron sintesis, serta hormon estradiol. 

Biasanya estradiol dipakai untuk kontrasepsi wanita untuk hentikan produksi sel telur. Tetapi, Dr. Eilliam Bremmer dari Fakultas Kedokteran University of Washington menjelaskan bila hormon ini dapat juga memberi dampak yang sama pada pria hingga dipakai menjadi gabungan NEST. 

Langkah kerjanya, progestin serta estradiol akan memblok produksi testosteron alami di testis, kurangi produksi sperma ke level begitu rendah. Walau testosteron dikunci, akan ada testosteron alternatif dari gel yang akan mengawasi kandungan testosteron dalam darah masih berperan. Diantaranya menjaga gairah sex. 

Diana Blithe, PhD, Kepala Program Peningkatan Kontrasepsi NICHD menjelaskan, “Metode kontrasepsi ini cukuplah aman, efisien, serta bisa menolong mengawasi produktivitas serta kesehatan pria.” 

Bagaimanakah cara memakai gel kontrasepsi ini? 

Ada fakta mengapa nestorone tidak dibikin berbentuk pil seperti pil KB yang diminum wanita. Periset menerangkan bila nestorone tidak diserap dengan baik oleh badan saat dikonsumsi seperti obat. Kombinasi testosteron bikinan dalam nesteron tidak bertahan dampaknya saat sehari penuh. 

Sebaliknya, nesteron bisa kerja dengan baik serta bertahan lebih lama bila dioles-oleskan ke kulit. Itu penyebabnya nesteron dibikin berbentuk gel sama dengan pelumas sex. Walau memiliki bentuk sama, langkah penggunaanya tidak dioles-oleskan pada penis. Jadi, janganlah asal-asalan memakai alat kontrasepsi pria ini. 

Langkah mengimplementasikan gel dengan benar, diantaranya: 

  • Yakinkan Anda membersihkan tangan dahulu sebelum memakai gel ini. 
  • Mengeluarkan gel dari wadahnya sekitar 1/2 sendok teh serta berikan pada pundak serta punggung dengan rata. 
  • Memoleskan gel semestinya tak perlu dibantu dengan pasangan wanita. Masalahnya di kuatirkan paparan hormon-hormon dalam gel akan meresap ke kulit pasangan. 
  • Bila sudah terburu terserang gel, wanita mesti selekasnya membersihkan tangan sampai bersih untuk hindari paparan yang semakin besar. 
  • Gel bisa mendesak jumlahnya sperma sampai 72 jam saja. Bila pada hari ke-3, ke empat, dan sebagainya gel tidak dipakai, jadi manfaat gel tidak efisien. 

Walau telah ditest awal mulanya, masih tetap dibutuhkan riset lebih dalam tentang alat kontrasepsi untuk pria ini. Untuk tahu resikonya yang mungkin berlangsung. Mungkin perlu waktu beberapa waktu ke depan menanti alat kontrasepsi ini di pasarkan ke penduduk dengan luas.

Belum ada Komentar untuk "Terobosan Baru Alat Kontrasepsi Gel untuk Pria"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel