Tips Mengusir Tikus Dirumah


Sering menyaksikan tikus berkeliaran di lokasi tinggal tentu mengganggu dan menciptakan khawatir.

Berikut ialah berbagai teknik mengusir tikus di lokasi tinggal yang dapat Anda coba:

1. Pakai minyak esensial

Jika seringkali minyak esensial lebih tidak sedikit dipakai sebagai pewangi dan penyegar ruangan, ternyata wewangian kuat minyak peppermint dan cengkeh juga dapat dimanfaatkan guna menghalau tikus. Anda dapat menggunakannya bareng difuser, supaya aroma minyak esensial tersebar di udara.

Cara lainnya ialah dengan mencelupkan bola kapas atau kain dalam minyak esensial mint atau cengkeh, lantas letakkan di titik-titik yang sering dilewati tikus.

Meski menggunakan teknik ini sendirian tidak sepenuhnya manjur untuk mengenyahkan tikus, namun Anda bisa mengombinasikannya dengan teknik mengusir tikus yang lainnya supaya lebih efektif.

2. Pelihara kucing

Anda barangkali sudah lama tahu bahwa kucing ialah musuh besar si tikus. Itulah mengapa tidak sedikit orang yang mengandalkan kucing tidak saja sebatas fauna peliharaan saja, namun secara tidak langsung pun sebagai penangkap tikus yang ulung.

Bila tidak terdapat anggota family yang mempunyai alergi terhadap kucing dan bulunya, Anda dapat memakai teknik mengusir tikus yang satu ini.

3. Gunakan perangkap tikus

Cara mengenyahkan tikus selanjutnya yang sudah lumayan umum yaitu dengan menggunakan perangkap tikus. Anda dapat meletakkan perangkap tikus di sudut-sudut lokasi tinggal yang sangat sering dilalui tikus, lalu cek setiap pagi dan malam di kisaran masa-masa tikus sedang menggali mangsa.

Supaya lebih ampuh, beri suguhan makanan lezat yang bakal semakin unik tikus guna masuk ke dalam perangkap tersebut. Setelah tertangkap, pastikan kita menggunkan sarung dan masker penutup mulut untuk melemparkan tikus itu ke lokasi yang jauh dari rumah. Hindari menyentuh tikus langsung dengan tangan telanjang guna menangkal terserang penyakit.

4. Buat perangkap tikus sendiri

Selain memakai perangkap tikus yang tidak sedikit dijual di pasaran, sebetulnya Anda dapat memanfaatkan perlengkapan rumah tangga yang telah tidak terpakai untuk menciptakan jebakan tikus sendiri. Misalnya dengan memakai ember, papan triplek, dan lem perekat.

Caranya dengan mengoleskan unsur atas papan atau di antara sisi ember dengan lem perekat, lantas letakkan suguhan santap di atas lem tersebut. Tikus yang tergiur dan berkeinginan mengambil makanan, otomatis bakal melekat dengan lem dan terjebak pada papan atau ember.

5. Pakai racun tikus

Memanfaatkan wewangian dari racun tikus efektif untuk menciptakan tikus yang bersarang di lokasi tinggal mati satu per satu. Sama laksana jebakan tikus, Anda pun harus menebarkan racun tikus di sejumlah area lokasi tinggal yang memang tidak jarang disinggahi oleh tikus.

Namun kelemahannya, pemakaian racun menciptakan tikus yang mati melulu tergeletak begitu saja tanpa alas. Biasanya, semua tikus bakal mencari sejumlah tempat ideal laksana jalanan, kamar mandi, atau di sekitar kolam renang sebelum benar-benar mati.

Bahkan terkadang, tikus juga dapat mati di tempat-tempat yang tidak tampak dan susah dijangkau. Itu sebabnya, kita baru menyadari kematian tikus sesudah tercium wewangian bangkai yang telah membusuk. Petimbangkan kembali pemakaian racun tikus andai Anda mempunyai anak dan fauna peliharaan di rumah.

6. Telepon pengusir hama

Meski sekian banyak cara mengenyahkan tikus di atas dapat dilakukan oleh siapa pun, namun lain kisah jika populasi tikus di lokasi tinggal sudah kelewat banyak.

Dalam permasalahan ini, Anda barangkali mau tidak inginkan harus memanggil kesebelasan pengendali hama yang akan menolong menangkap tikus di rumah. Mereka seringkali memiliki teknik mengusir tikus sendiri yang tentu bertolak belakang dengan cara Anda.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengusir Tikus Dirumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel