Anak Suka Main Squishy? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kesehatannya Tetap Terjaga

Anak-Suka-Main-Squishy-Lakukan-5-Hal-Ini-Agar-Kesehatannya-Tetap-Terjaga

Bermain merupakan aktititas yang dominan dilakukan oleh anak-anak. Mereka bisa bermain sesuka hati mereka tanpa rasa lelah. Bagi mereka, bermain merupakan aktifitas yang paling menyenangkan. Untuk itu, para orang tua harus memberikan mainan yang bisa membuat mereka tetap aktif dan berkembang sesuai dengan usianya. Mainan squishy merupakan salah satu mainan yang bisa digunakan oleh anak-anak Anda. 

Squishy adalah sejenis spons yang didesain menjadi aneka bentuk yang memiliki tekstur lembut. Cara memainkan squishy ini pun sangat mudah, cukup diremas-remas dan tunggu selama beberapa detik hingga bentuknya kembali seperti semula. Tentu saja mainan seperti ini memiliki kesan tersendiri khususnya bagi anak-anak. Dengan berbagai bentuk yang ada, anak-anak semakin merasa gemas saat bermain squishy. 

Mainan squishy ini memiliki berbagai manfaat bagi anak, diantaranya memperkuat motoric halus pada jari-jari dan tangan anak, membantu anak untuk menambah wawasan dari berbagai bentuk squishy, memperlancar kemampuan berbahasa, menyalurkan emosi negative, menghilangkan rasa bosan, meningkatkan kemampuan bersosialisasi, dan lain sebagainya. Tentu saja hal tersebut sangat membantu tumbuh kembang anak. 

Agar Kesehatan Anak Tetap Terjaga Ketika Main Squishy 

Terlepas dari berbagai manfaatnya, squishy bisa saja berakibat buruk pada anak jika Anda tidak melakukan pengawasan secara intens. Anak bisa saja terkena alergi saat memainkan squishy terlalu lama, atau squishy tidak sengaja tertelan, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus senantiasa menjaga anak-anak Anda saat memainkan mainan squishy ini. Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan dalam menjaga kesehatan anak yang sering bermain squishy? Berikut adalah rangkumannya. 

1. Memastikan squishy yang Anda beli tidak beracun 

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu memastikan squishy yang Anda beli tidak mengandung racun. Anda harus memperhatikan secara detail bahan apa saja yang digunakan untuk membuat squishy tersebut. Jangan sampai squishy yang Anda beli tersebut beracun sehingga bisa membahayakan kesehatan anak. Belilah squishy yang sudah terlisensi agar lebih aman. 

2. Menyesuaikan ukuran squishy dengan usia anak 

Menyesuaikan ukuran mainan squishy dengan usia si anak tentu sangat penting. Jika anak Anda usianya masih di bawah 5 tahun, maka usahakan tidak membeli squishy yang kecil. Squishy dengan bentuk yang kecil khawatir akan tertelan dan akan sangat membahayakan anak, sehingga anak akan tersedak bahkan menimbulkan kematian. Untuk itu, selalu perhatikan squishy yang akan Anda pilih untuk anak Anda. 

3. Mengingatkan anak 

Squishy memiliki berbagai macam bentuk yang menggemaskan, salah satunya yaitu bentuk makanan. Tentu saja bentuk squishy ini sangat mirip dengan bentuk makanan aslinya. Oleh karena itu, Anda harus mengingatkan anak bahwa squishy tersebut tidak untuk dimakan. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa membelikan squishy berupa bentuk lain, seperti hewan-hewan, agar tampilannya tidak terlalu menggoda. 

4. Memperhatikan kondisi kulit anak 

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat squishy tentu terbuat dari zat-zat kimia. Jika anak Anda memiliki alergi kulit, maka kemungkinan besar mengalami gatal-gatal, pembengkakan kulit, kulit kemerahan, dan lain sebagainya. Jika anak memang memiliki alergi, maka batasi penggunaan squishy. Misalnya, anak hanya boleh memainkan squishy pada jam-jam tertentu saja. 

5. Mengingatkan untuk selalu mencuci tangan 

Kuman dan bakteri tersebar dimana-mana. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengingatkan anak untuk mencuci tangan pakai sabun setelah bermain dengan squishy. Dengan begitu, anak pun akan terhindar dari berbagai penyakit. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak jika senang bermain mainan squishy. Jika Anda ingin memesan squishy dengan transaksi yang aman, Anda bisa membelinya di marketplace pilihan Anda. 

Belum ada Komentar untuk "Anak Suka Main Squishy? Lakukan 5 Hal Ini Agar Kesehatannya Tetap Terjaga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel