Ikuti 3 Tips Berikut Agar Tidak Makan Berlebih Saat Buka Puasa Ramadan

Ikuti-3-Tips-Berikut-Agar-Tidak-Makan-Berlebih-Saat-Buka-Puasa-Ramadan

Di bulan puasa rasa lapar dan dahaga tentunya akan sangat dirasakan terutama menjelang buka puasa. Rasa lapar dan dahaga yang dirasakan membuat kita memiliki keinginan untuk makan dalam jumlah yang banyak. Banyaknya penjual takjil selama bulan puasa ramadan akan membuat kita menjadi lapar mata dan membeli berbagai macam jenis takjil untuk disajikan dan disantap saat berbuka puasa. 

Lapar mata di bulan puasa memang hal yang wajar. Namun, perlu Anda tahu bahwa hal tersebut bukanlah kebiasaan yang baik dan tentunya akan berdampak buruk bagi tubuh. Bukannya memiliki tubuh yang langsing setelah bulan puasa, tubuh Anda akan menjadi semakin melebar karena kebiasaan kalap Anda saat berbuka puasa. 

Agar Tidak Makan Berlebih Saat Buka Puasa Ramadan 

Anda perlu mengubah kebiasaan makan berlebih saat berbuka dengan melakukan beberapa tips berikut ini. 

1. Membuat Perencanaan Menu Buka Puasa 

Melakukan perencanaan menu buka puasa dapat menjadi solusi agar kebiasaan kalap saat buka puasa dapat teratasi. Selama berpuasa karena rasa lapar dan dahaga yang menghampiri maka otak akan memikirkan semua jenis makanan. Hal ini tentunya akan membuat Anda membeli semua jenis makanan yang Anda pikirkan selama waktu berbuka dan membuat Anda menjadi kalap. 

Dalam membuat perencanaan menu buka puasa, Anda dapat merencanakan satu menu dalam sehari. Sebaiknya tulislah semua daftar makanan yang ingin Anda inginkan dan rencanakan setiap satu menu dalam sehari. Dengan begitu Anda dapat menyantap semua makanan yang diinginkan selama satu bulan penuh dan tanpa harus kalap saat buka puasa ramadan tiba. 

2. Pilihlah Menu Berbuka yang Manis 

Tips yang dapat Anda lakukan juga adalah dengan memilih menu berbuka yang manis dibanding menu berbuka yang berbahan dasar tepung seperti gorengan. Hal ini karena seharian berpuasa maka tubuh kehilangan banyak energi. Untuk mengembalikkan energi dengan cepat maka makanan yang manis dapat membantu Anda. Makanan yang manis akan menaikkan gula darah dengan cepat sehingga tubuh akan kembali bertenaga dan segar setelah berbuka puasa. 

Namun, perlu Anda ingat untuk tidak membeli makanan yang manisnya berlebihan. Hal ini selain dapat membuat Anda kalap saat makan, tubuh yang mengonsumsi makanan yang manis secara berlebihan tentunya juga tidak baik untuk kesehatan. Sehingga sediakanlah satu jenis menu makanan manis saja untuk disantap saat berbuka. 

3. Hindari Makanan Berat Saat Berbuka 

Kebiasaan memilih menu berbuka dengan makanan berat seperti nasi bukanlah hal yang baik. Hal ini karena dengan mengonsumsi makanan berat maka tubuh akan menjadi lebih lapar mata. Dengan banyaknya sajian menu seperti lauk dan lain-lain akan membuat Anda ingin memakan semuanya. Ada baiknya berbukalah dengan makanan yang manis. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan dengan ibadah shalat maghrib dan baru menyantap makanan yang berat. 

Namun, perlu Anda ingat jika ingin menyantap makanan berat setelah berbuka puasa, ada baiknya membatasi jumlahnya sehingga tidak akan berdampak pada kenaikan berat badan Anda. Makanlah secukupnya dan berhentilah sebelum kenyang untuk menghindari berlebihan saat Anda makan. Anda dapat mengonsumsi buah-buahan terlebih dahulu sebelum makan makanan berat. 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kebiasaan makan berlebih saat buka puasa ramadan. Hal ini dapat Anda lakukan terutama jika Anda termasuk orang yang tidak bisa menahan nafsu saat melihat makanan ketika waktu berbuka.

Belum ada Komentar untuk "Ikuti 3 Tips Berikut Agar Tidak Makan Berlebih Saat Buka Puasa Ramadan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel