Banyak Manfaat dari puasa, Diantaranya Dapat Mencegah Penuaan


Puasa manfaatnya tidak cuma untuk belajar meredam nafsu, serta memperoleh pahala saja. Puasa Ramadan punyai manfaat lain yang baik untuk kesehatan badan Anda. Faedah mengagetkan yang dapat diperoleh dari berpuasa ialah menahan penuaan serta tingkatkan metabolisme badan. Silahkan baca penjelasannya berikut ini. 

Manfaat berpuasa untuk menahan penuaan awal 

Ada satu riset yang mengutarakan manfaat berpuasa dapat menahan badan awet muda, panjang usia, serta terlepas dari penyakit akut. Riset ini diedarkan oleh jurnal Molecular Cell. 

Riset ini di pimpin oleh Dr. Ming Hui Zou, direktur Center for Molecular and Translational Medicine di Georgia State University di Atlanta. Dr. Zou menjelaskan jika berpuasa dapat menahan penuaan pada pembuluh darah. 

Dia juga menerangkan, saat umur seorang makin bertambah tua pembuluh darah yang memasok oksigen ke semua badan bisa menjadi organ tua yang paling peka serta cepat rusak. Pada studi ini, team periset mulai konsentrasi pada proses penuaan di pembuluh darah serta bagaimanakah cara mencegahnya. 

Nah, di sini periset mengetes tikus jadi objek uji cobanya. Dimana konsumsi kalori makanannya dibatasi seperti orang sedang puasa. Periset lihat jika pada tubuh tikus kelaparan membuahkan molekul bermanfaat . 

Molekul yang didapat dari manfaat berpuasa ini diberi nama Beta-hydroxybutyrate serta dapat menahan penuaan pada pembuluh darah tikus. Beta-hydroxybutyrate ialah keton. Keton ialah molekul yang di produksi oleh hati serta dipakai jadi sumber daya saat cadangan glukosa tidak ada. 

Badan biasanya membuahkan keton sepanjang puasa atau kelaparan, dalam diet rendah karbohidrat, serta sesudah olahraga dalam tempo lama. 

Riset ini menjelaskan, beta-hydroxybutyrate bisa tunda proses penuaan yang berlangsung pada pembuluh darah. Ini tentu saja adalah berita baik sebab proses penuaan pada pembuluh darah melatarbelakangi beberapa penyakit akut, seperti penyakit jantung serta pembuluh darah serta Alzheimer. Jika pembuluh darah bisa dipertahankan kemudaannya, karena itu efek akan beberapa penyakit itu juga alami penurunan. 

Manfaat berpuasa untuk tingkatkan metabolisme 

Tidak hanya baik untuk menahan penuaan di badan, manfaat berpuasa diketemukan bisa tingkatkan metabolisme badan. Metabolisme ialah proses yang dikerjakan badan untuk mengolah makanan serta mengubah jadi daya. 

Untuk tahu manfaat berpuasa, satu riset mempelajari 4 orang sukarelawan yang berpuasa sepanjang 58 jam. Dengan memakai metabolomik, atau pengukuran metabolit, beberapa periset menganalisa sampel darah komplet sepanjang puasa. Ini sebab waktu badan manusia kekurangan makanan, akan ada ada beberapa pergantian metabolisme yang berlangsung. 

Umumnya, saat karbohidrat telah ada sebab makan teratur sekitar 3 kali dalam satu hari, badan akan memakainya jadi bahan bakar. Tapi demikian badan tidak memperoleh persediaan karbohidrat, dia akan cari daya di lain tempat. 

Dalam proses yang dimaksud glukoneogenesis, badan akan mendapatkan glukosa dari sumber non-karbohidrat, seperti asam amino. 

Beberapa periset temukan proses glukoneogenesis dengan memandang kandungan metabolit tersendiri dalam darah, termasuk juga karnitin, serta butirat pada seorang yang berpuasa. Diluar itu, periset lihat terdapatnya penambahan produk siklus asam sitrat juga. 

Siklus asam sitrat berlangsung di mitokondria, serta manfaatnya ialah untuk melepas daya yang tersimpan di badan. Ini mengisyaratkan mitokondria jadi sumber pembentuk daya kerja lebih keras dibanding saat tidak berpuasa. 

Tetapi riset ini masih bertaraf kecil. Untuk tahu selanjutnya tentang dampak puasa pada penambahan metabolisme badan, periset merencanakan untuk lakukan riset dengan rasio yang semakin besar.

Belum ada Komentar untuk "Banyak Manfaat dari puasa, Diantaranya Dapat Mencegah Penuaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel