Jadikan Makanan Di Rumah Tahan Lama Dengan Tips Berikut


Anda mungkin terlatih untuk berbelanja bulanan untuk mengirit pengeluaran seharian. Nah supaya tidak cepat basi atau busuk, baca dahulu panduan di bawah ini waktu menaruh makanan di dalam rumah. Tidak hanya mengirit uang, menaruh makanan secara benar dapat juga kurangi produksi sampah sampah rumah tangga. 

Panduan menaruh makanan di kulkas 

Makanan yang disimpan di kulkas umumnya bertahan lama serta aman dikonsumsi sampai batas tanggal kedaluwarsa yang tercantum di paket. 

Makanan yang dapat disimpan di kulkas. 

Susu yang dipasteurisasi, Daging ayam, ikan, sapi, atau makanan laut yang lain yang fresh, Daging paket dalam kaleng, Mentega, Jeruk, Strawberry, Melon dan Apel 

Sayuran hijau seperti sawi, bayam, serta kol 

Tetapi, jangan asal mencampurkan serta menumpuk makanan di kulkas. Jangan masukan atau mencampurkan daging, sayur, serta buah dalam kondisi terbuka. 

Taruhlah makanan siap santap seperti kornet, keju, susu, tahu serta tempe, daging masak, makanan paket, dan tersisa makanan masak di rack sisi atas serta tengah. 

Taruh sayuran serta buah-buahan fresh di laci bawah, tetapi taruh buah yang telah dipotong serta dikupas bersih dalam wadah tertutup sebelum dimasukkan ke kulkas. Sesaat untuk daging fresh atau beku taruh di freezer, dalam wadah kedap udara (jangan masih di plastik). 

Berikan jarak dikit antar makanan supaya perputaran udara dalam kulkas masih berjalan baik. Mengatur suhu minimum kulkas dibawah 5 °Celsius untuk perlambat perkembangan mikroba beresiko pada makanan. 

Panduan lain yang penting: jangan menaruh makanan yang masih panas langsung di kulkas. Sesudah dibuat atau dipanaskan, biarlah dahulu sampai suhu makanannya dingin, baru masukan ke kulkas. Bila tidak, uap panasnya akan memaksakan mesin kulkas kerja lebih keras untuk mendinginkan suhu di dalamnya. Mengakibatkan, Anda semakin lebih boros listrik. 

Panduan menaruh makanan di rack atau almari 

Tidak semua makanan harus disimpan di almari pendingin. Tetapi, tidak semua makanan dapat juga disimpan di almari atau rack dapur. 

Makanan siap saji yang umumnya aman disimpan di suhu ruang atau almari dapur. 

Roti, Biskuit, Selai, Gula, Sirup botolan, Minuman kaleng dan Keju 

Sesaat untuk buah dan sayur, cuma beberapa yang dapat disimpan di suhu ruangan seandainya jauh dari cahaya matahari. Jika terserang matahari langsung, di kuatirkan sayur dan buah itu akan terlalu masak sampai busuk berjamur. 

Bahan makanan fresh yang dapat disimpan di luar kulkas. 

Kentang, Beras, Pisang, Bawang, Alpukat, Pir dan Tomat 

Bumbu masak seperti kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, lengkuas 

Sebelum menaruh makanan di rack atau almari dapur, yakinkan taruh di toples atau wadah kedap udara yang tertutup rapat. Yakinkan dahulu almari serta wadah penyimpanannya betul-betul bersih. Taruh jauh dari paparan cahaya matahari langsung. 

Jangan tempatkan langsung di lantai. Makanan yang di taruh di lantai dapat menyebabkan datangnya serangga seperti semut serta tikus untuk mengakibatkan kerusakan atau ambil makanan Anda. 

Menaruh makanan berdasar tanggal best before serta use by pada paket Waktu menaruh makanan di almari atau kulkas, susun berdasar makanan yang baru saja dibeli dengan tanggal kedaluwarsa yang lebih lama di jejeran belakang. Ini menolong Anda habiskan makanan yang mau kedaluwarsa terlebih dulu. 

Tetapi tidak hanya harus tahu tanggal kedaluwarsa (expiry date)-nya, Anda pun butuh tahu makna dari arti best before serta use by yang tercantum di sejumlah paket makanan. 

Merilis The European Food Information Council, best before ialah tenggat waktu peringatan untuk konsumsi/memproses makanan sebelum tanggal yang tercantum. Kualitas makanan akan terbaik dalam kurun waktu itu. Sesudah melalui tanggal best before, makanan masih aman untuk dikonsumsi tetapi kualitas dari sisi rasa, struktur, atau aromanya mungkin tidaklah terlalu bagus . 

Makanan yang umumnya tercantum tanggal best before ialah makanan kaleng, makanan yang dikeringkan, dibekukan, serta buah atau sayuran fresh. 

Sesaat Use By ialah peringatan mengenai kapan tanggal paling akhir yang aman untuk konsumsi makanan itu. Arti dari Use by hampir serupa dengan tanggal kedaluwarsa atau expired date. Sesudah melalui tanggal yang diputuskan, makanan itu sebaikna jangan dikonsumsi walau berbau, teksturm atau rasa-rasanya masih enak. 

Pemakaian tanggal Use By umumnya ada pada makanan siap saji, seperti susu paket, daging olahan, serta salad siap saji.

Belum ada Komentar untuk "Jadikan Makanan Di Rumah Tahan Lama Dengan Tips Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel