Laptop Asus GL503GE Kamu Cepat Panas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Laptop-Asus-GL503GE-Kamu-Cepat-Panas-Ini-Penyebab-dan-Cara-Mengatasinya

Laptop dengan spesifikasi tinggi seperti Laptop Asus GL503GE bukan sebuah jaminan kamu terbebas dari segala masalah pada laptop. Laptop nge-hang atau mengalami masalah tertentu seperti cepat panas mungkin saja tetap bisa kamu alami. Apalagi jika penyebabnya menyangkut kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan. 

Penyebab Laptop Cepat Panas 

Masalah laptop cepat panas bisa dialami oleh laptop manapun. Termasuk juga laptop Asus yang kamu miliki. Jika kamu menemui masalah ini, coba cari tahu dulu penyebabnya sebelum mencari cara untuk mengatasinya. Bisa jadi penyebabnya adalah tiga hal di bawah ini. 

1. Sirkulasi udara pada laptop tersumbat 

Penyebab yang pertama bisa disebabkan karena sirkulasi udara pada laptop tersumbat oleh kotoran. Apalagi jika kamu sudah menggunakan laptop tersebut dalam waktu yang lama dan kamu jarang membersihkannya. Tentu akan banyak kotoran yang menyumbat lubang ventilasi dan membuat aliran udara tidak lancar. 

Laptop memiliki kipas atau fan yang berfungsi mendinginkan laptop agar tidak cepat panas ketika digunakan. Kegunaan lubang ventilasi adalah untuk menyalurkan panas dari kipas tersebut. Jika lubang ventilasinya tersumbat, tentu sirkulasi udara akan terhambat dan laptop menjadi cepat panas. 

Solusinya mudah saja. Kamu hanya perlu membersihkan lubang ventilasi laptop agar sirkulasi udaranya bisa lancar. Untuk kedepannya, lakukan pembersihan secara rutin. Jangan tunggu lubang ventilasi sampai penuh dengan kotoran dulu baru dibersihkan karena laptop kamu akan jadi cepat panas kembali. 

2. Kipas laptop mati dan banyak kotoran 

Laptop Asus GL503GE yang kamu miliki mungkin saja muncul masalah yang tidak terduga. Salah satunya adalah kipas atau fan pada laptop mati. Jika demikian, kamu harus cepat mengambil tindakan dengan membawanya ke service center. Laptop kamu memang masih tetap bisa digunakan walaupun kipasnya mati. Namun yang terjadi adalah laptop jadi cepat panas karena pendingin laptop tidak berjalan. 

Tidak hanya mati, masalah lain yang cukup sering dihadapi yaitu kipas laptop dalam kondisi kotor. Salah satu tanda-tandanya jika kipas laptop kotor adalah kipas tetap berputar namun tidak bekerja secara maksimal dalam mengeluarkan panas. Jadi laptop kamu terasa cepat panas karena hal tersebut. Kamu hanya perlu membersihkannya agar kipas bisa kembali bekerja secara optimal. 

3. Kebiasaan menggunakan laptop di tempat yang tidak seharusnya 

Kebiasaan yang kamu lakukan ketika menggunakan laptop juga bisa menjadi penyebab kenapa laptop kamu cepat panas. Contoh kebiasaan buruk adalah menggunakan laptop di atas kasur atau di atas bantal. Kasur atau bantal akan menghambat proses pengeluaran panas yang dilakukan oleh kipas. Selain tu, menempatkan laptop di atas kasur atau bantal juga akan membuat laptop gampang kotor. 

Untuk itu, kamu sangat tidak disarankan menempatkan laptop di atas kasur atau bantal. Tempatkan laptop di atas meja dengan cooling fan agar sirkulasi udaranya tetap lancar. Cooling fan juga berguna untuk mendinginkan laptop dari luar. 

Demikian lah tiga penyebab dan cara mengatasi laptop yang cepat panas. Kalau kamu memiliki laptop Asus GL503GE, kamu sebaiknya menghindari ketiga penyebab tersebut. Laptop yang cepat panas akan membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal dan juga cepat rusak. 

Jika kamu butuh laptop baru karena laptop yang lama rusak, kamu bisa membeli laptop melalui marketplace online yang tersedia. Salah satunya yang direkomendasikan yaitu melalui Blibli.com. Marketplace asli Indonesia ini menawarkan laptop dari berbagai merk dan spesifikasi. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Jangan takut soal harga karena belanja di Blibli.com terjamin murahnya. Selain itu, kamu masih bisa dapat promo menarik berupa diskon, cashback, hingga gratis ongkir ke seluruh penjuru di Indonesia. Daripada beli di tempat lain yang belum tentu terjamin kualitas dan harganya, lebih baik beli di Blibli.com saja.

Belum ada Komentar untuk "Laptop Asus GL503GE Kamu Cepat Panas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel