Rawan Dipidanakan, Ini 4 Tips Terhindar dari Membeli Motor Curian

Rawan-Dipidanakan-Ini-4-Tips-Terhindar-dari-Membeli-Motor-Curian

Ada resiko ketika kamu membeli motor bekas, yaitu membeli motor curian. Ketika kamu membeli motor curian, kamu bisa dipidanakan karena dianggap sebagai penadah meskipun kamu tidak tahu. Untuk itu, sebelum membeli motor bekas, jangan mudah tergiur dengan harga jual motor yang rendah. Cek dulu segala kelengkapan yang ada dan pastikan semuanya aman. 

Tips Terhindar dari Membeli Motor Curian 

Agar kamu tidak dianggap sebagai penadah, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar terhindar dari membeli motor curian. 

1. Tidak tergiur dengan motor harga murah 

Motor bodong atau motor curian biasanya dijual dengan harga murah jauh di bawah harga pasaran. Bahkan beberapa pihak meminta transaksinya dilakukan secara sembunyi-sembunyi, misalnya pada tengah malam. 

Kalau ada yang mau jual motor dengan harga yang terlalu murah, sebaiknya kamu tidak tergiur dengan hal tersebut. Cek dulu kondisi motornya. Jika terlihat mencurigakan, segera urungkan niat untuk membelinya. 

2. Cek kelengkapan surat-surat kendaraan 

Motor curian juga dijual tanpa menyertakan surat-surat kelengkapannya, seperti STNK dan BPKB. Ini jugalah yang menjadikan motor curian dijual dengan harga yang sangat murah. Penjual mungkin akan beralasan STNK-nya hilang atau BPKB-nya sedang digadaikan agar pembeli percaya. Jadi, kamu sebaiknya hati-hati dan mengurungkan niat membeli motor tanpa kelengkapan surat-surat. 

3. Cek keaslian surat-surat 

Selain mengecek kelengkapan surat-suratnya, cek juga keaslian surat kelengkapan tersebut. Sudah banyak modus jual motor curian dengan STNK dan BPKB palsu. Untuk mengecek asli atau tidaknya surat tersebut, kamu bisa cocokkan nomor mesin dan nomor rangka antara yang ada di motor dengan di surat. 

4. Cek nomor mesin dan nomor rangka ke SAMSAT terdekat 

Nomor mesin dan nomor rangka yang ada di STNK dan BPKB juga bisa dipalsukan agar sama dengan yang ada di motor. Jika kamu curiga dan ingin lebih berhati-hati, kamu bisa cek nomor mesin dan nomor rangka motor tersebut ke SAMSAT terdekat, apakah dibekukan atau tidak. 

Nah, itulah 4 tips terhindar dari membeli motor curian. Sekali lagi, kamu harus berhati-hati jika mendapati harga jual motor yang terlalu murah dengan kondisi yang masih sangat bagus. Jangan langsung percaya apalagi langsung membelinya karena kamu bisa disangka penadah.

Belum ada Komentar untuk "Rawan Dipidanakan, Ini 4 Tips Terhindar dari Membeli Motor Curian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel