Tips Agar Mesin Motor Awet dan Terhindari dari Kerusakan

Tips-Agar-Mesin-Motor-Awet-dan-Terhindari-dari-Kerusakan
Foto dari Canva Photos Unlimited
Saat ini motor sudah menjadi kebutuhan pokok dan dimiliki hampir setiap orang. Namun jika Anda memiliki motor sebaiknya dirawat dengan baik agar terhindar dari kerusakan. Selain itu merawat motor juga bisa membuat membuat mesin motor awet dan tetap berfungsi dengan baik. Sehingga Anda juga akan lancar dalam bekerja dan beraktivitas sehari-hari. Berikut tips agar mesin motor awet adalah: 

1. Service rutin 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan service rutin. Cara ini bertujuan untuk memelihara mesin motor agar tetap berfungsi dengan baik. Selain itu service ini juga bertujuan untuk mengetahui segala kerusakan sejak awal dan segera mengganti mesin yang rusak apabila diperlukan. 

2. Mencuci 

Tips agar mesin motor awet yang kedua ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Motor yang dijaga kebersihannya tentu saja akan mencegah kotoran ataupun debu yang bisa masuk ke mesin motor. Sehingga motor akan berfungsi dengan baik dan terlihat bersih ketika dilihat setiap orang. 

3. Perhatikan oli 

Selanjutnya adalah memperhatikan jadwal mengganti oli motor. Anda bisa mengganti oli setiap sekitar 2 bulan sekali sehingga mesin motor dengan baik. penggantian oli yang telat akan berdampak buruk pada mesin dan mengakibatkan motor tidak berfungsi dengan baik. 

4. Penggunaan motor 

Tips ini terkadang sering disepelekan oleh sebagian orang. Padahal cara penggunaan motor juga akan mempengaruhi mesin motor. Biasakan untuk tidak menarik gas secara mendadak karena akan mengakibatkan mesin mudah mengalami kerusakan. 

5. Penggantian aki 

Seperti halnya dalam oli, biasanya aki harus diganti setiap sekitar 3 bulan sekali. Hal ini dikarenakan aki yang habis tidak bisa digunakan untuk stater yang berfungsi untuk menghidupkan motor. Selain itu penggantian aki yang terlambat tentu akan mempengaruhi mesin motor. 

Itulah beberapa tips agar mesin motor awet dan berfungsi dengan baik. Hal utama yang harus diperhatikan adalah jika memiliki suatu barang memang harus dijaga dengan baik. Salah satunya dengan merawat motor yang dimiliki dengan baik. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Agar Mesin Motor Awet dan Terhindari dari Kerusakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel